Sabtu, 05 November 2016

MENGHIAS BIDANG

Cara menempatkan hiasan pada bidang segi empat berbeda dengan menempatkan pada bidang berbentuk bundaran, didalam segi empat harus terdapat kesan segi empat, begitu juga dengan bundaran harus nampak seperti bundaran.
Selain bentuk dan penempatan motif , perlu pula diperhatikan ukuran motif, ukuran motif harus seimbang dengan ukuran benda yang dihias.
Menghias bidang segi empat
Menghias bidang segi empat , seperti taplak 
meja dapat mengisi pinggiran, tengah atau 
sudut-sudut.
Menghias bidang berbentuk lingkaran

Menghias bidang lingkaran atau bundaran, dihias dengan cara mengisi tepi atau tengah. Motif hias dibuat berhadap kearah pusat lingkaran, lingkaran dibagi 5 atau 6,8, 10 isi satu bagian dan diulangi hiasan tersebut pada bagian lainnya, bila hiasan ditempatkan berjumlah 4 akan kelihatan segi empat.


Membesarkan dan mengecilkan motif
Suatu waktu kita menginginkan motif yang kita miliki tidak sesuai dengan kain yang ingin kita hias, yang harus dilakukan membesarkan atau mengecilkan. Caranya kita buat pada selembar kertas dan membuat garis memanjang dan melebar diatas gambar. Buatlah garis tersebut berbentuk kota melalui motif yang ingin kita robah. Bila contoh itu kecil akan dibesarkan, maka kita buat pada kertas lain dibuat kotak-kota yang ukurannya lebih besar dari motif yang akan kita besarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar